KOMUNIKASI UDARA


KOMUNIKASI UDARA

ISTILAH KOMUNIKASI RADIO DAN PENERBANGAN

Dalam dunia penerbangan, adalah mutlak bagi seorang pilot untuk menguasai prosedur komunikasi dengan ATC. Di Indonesia bahasa yang digunakan pada umumnya adalah dalam bahasa Inggris. Tulisan ini hanyalah sebagian rangkuman dari prosedur yang diperlukan dalam melakukan komunikasi udara.
1.Radiotelephony Alphabet
Huruf Alphabet dalam komunikasi udara:
A     Alfa                                           N     November
B     Bravo                                        O     Oscar
C     Charlie                                      P     Papa
D     Delta                                         Q     Quebec
E     Echo                                          R    Romeo
F     Foxtrot                                     S    Sierra
G     Golf                                            T    Tango
H    Hotel                                        U     Uniform
I     Indian                                       V    Victor
J    Juliet                                         W    Whiskey
K    Kilo                                            X     X-Ray
L    Lima                                          Y     Yankee
M   Mike                                         Z       Zulu

2. Penyebutan Angka
Penyebutan angka pada umumnya sama dengan penyebutan angka dalam bahasa Inggris kecuali angka 3,4,5 dan 9. Angk-angka ini diucapkan secara jelas dan berbeda dengan bahasa Inggris:
3 TREE ( Pengucapan R yang jelas)
4 FOWER (Untuk membedakan dengan kata FOR)
5 FIFE (F kedua dibaca jelas, tidak dibaca seperti huruf W dalam Five)
9 NINER (dibaca NAINER)
10 ONE ZERO
65 SIX FIFE
782 SEVEN EIGHT TWO
400 FOWER HUNDRED
6000 SIX THOUSAND
8500 EIGHT THOUSAND FIVE HUNDRED
11000 ONE ONE THOUSAND
17500 ONE SEVEN THOUSAND FIFE HUNDRED
36 152.5 TREE SIX ONE FIFE TWO DECIMAL FIFE
Kecuali dalam menyebutkan Altitude, umumnya angka di ucapkan satu persatu. Contoh:
ATC: QAM HALIM AT 0130 SURFACE WIND 170 DEGREES AT 12 KNOTS VISIBILITY 2 KM PRESENT WEATHER HEAVY RAIN CLOUD BROKEN CB 1500 TEMPERATURE 30 DEGREES DEW POINT 28 DEGREES QNH 1010 QFE 1008
Dibaca :
Quebec Alfa Mike HALIM AT zero one tree zero, SURFACE WIND one seven zero DEGREES AT one two KNOTS , VISIBILITY two KILOMETERS, PRESENT WEATHER HEAVY RAIN, CLOUD BROKEN CHARLIE BRAVO one thousand fife hundred, TEMPERATURE tree zero DEGREES, DEW POINT two eight DEGREES, QNH one zero one zero, QFE one zero zero eight.

3. Penyebutan frekwensi VHF
119.0 ONE ONE NINER DECIMAL ZERO
119.12 ONE ONE NINER DECIMAL ONE TWO
119.125 ONE ONE NINER DECIMAL ONE TWO (cukup 2 digit di belakang koma)

4. Call Sign (nama panggilan)
Baik pesawat terbang maupun stasiun control harus mempunyai nama panggilan tertentu (call sign). Standard dalam penamaan nya adalah sebagai berikut:
Stasiun darat:
Call sign Layanan
CONTROL Area control center
APPROACH Approach control
ARRIVAL Approach control radar arrival
DEPARTURE Approach control radar departure
TOWER Aerodrome control
GROUND Surface movement control
RADAR Radar
INFORMATION Flight Information Services
DELIVERY Clearance Delivery
Contoh: HALIM Tower, JAKARTA Approach, SOETA ground, JAKARTA Info, dll.
Pesawat terbang:
PK ABC Papa Kilo Alpha Bravo Charlie
GIA 582 INDONESIA 582
Dalam kondisi yang memungkinkan, call sign PK ABC dapat disingkat menjadi P-BC (Papa Bravo Charlie), dan BUKAN ABC (Alpha Bravo Charlie)!

5. Skala Kejelasan Penerimaan Transmisi (Readability)
Sering kali seorang Pilot sebelum melakukan penerbangan akan melakukan prosedur Radio Check ke ATC. Komunikasinya kira-kira begini:

PK-ABC : Semanggi Tower, Papa Kilo Alpha Bravo Charlie, Radio Check on 122.4
Semanggi Tower: PK-ABC , Radio Check Readability 4

Artinya suara yang di pancarkan dari radio di pesawat PK-ABC dapat di terima dan didengar dengan jelas oleh Semanggi Tower.
Skala Readibility adalah sebagai berikut:
1 Sama sekali tidak terdengar
2 Kadang terdengar & kadang hilang
3 Terdengar tapi dengan kesulitan
4 Terdengar jelas
5 Terdengar dengan sempurna

6. Istilah-istilah dalam komunikasi udara
1. ACKNOWLEDGE “Apakah anda sudah menerima & mengerti maksud berita yang disampaikan ?”
2. AFFIRM “Ya” (Biasanya digunakan sebagai balasan dari kata “ CONFIRM ?” )
3. APPROVED “Di ijinkan untuk melakukan tindakan seperti yang diminta”
4. BREAK Digunakan sebagai ‘pembatas’ antara satu berita dengan yang lain dalam satu komunikasi
5. BREAK BREAK Digunakan sebagai tanda akhir dari suatu berita ke pesawat tertentu, dan kemudian dilanjutkan mengirinkan berita utk pesawat yang lain (biasanya dalam situasi ATC yang sangat sibuk)
6. CANCEL Membatalkan “Clearance’ yang sebelumnya sudah diberikan
7. CHECK Perintah untuk memeriksa suatu system / prosedur [tdk diperlukan jawaban]
8. CLEARED Ijin untuk melanjutkan suatu tindakan tertentu
9. CONFIRM “Apakah saya telah menerima berita ….. dengan benar ??” atau “Apakah anda telah menerima berita yang saya kirimkan dengan benar?”
10. CONTACT Perintah untuk melakukan kontak dengan stasiun tertentu
11. CORRECT “Betul”
12. CORRECTION “Ada kesalahan dalam berita yang dikirimkan. Yang benar adalah……..”
13. DISREGARD “Abaikan berita yang telah dikirimkan sebelumnya”
14. GO AHEAD Silahkan lanjutkan beritanya
15. HOW DO YOU READ ? Bagaimana kualitas penerimaan transmisi saya?
16. I SAY AGAIN. Saya ulangi……..
17. MONITOR Monitor frekwensi tertentu….
18. NEGATIVE ‘Tidak’ atau ‘ Ijin tidak diberikan’ atau ‘Salah’
19. OVER Berita selesai, dan menunggu jawaban anda.
20. OUT Transmisi selesai, tidak perlu jawabn.
21. READ BACK Ulangi semua, atau sebagian dari berita secara benar.
22. RECLEARED Membatalkan clearance sebelum nya dengan clearance yang baru.
23. REPORT Laporkan informasi seperti yang diminta berikut ini………….
24. REQUEST Meminta informasi tertentu .
25. ROGER Saya sudah menerima semua berita yang dikirimkan.
26. SAY AGAIN Mohon ulangi, seluruh / sebagian berita.
27. SPEAK SLOWER Harap bicara perlahan
28. STAND BY Tunnggu. Saya akan panggail anda kembali sesaat lagi.
29. VERIFY Check dan confirm ke pengirim berita.
30. WILCO [Will Comply] Saya mengeri maksud beritanya dan akan melakukannya.
31. WORDS TWICE [Dalam komunikasi yang sulit, setiap kata / sekelompok kata dapat di bacakan dua kali.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s