Serba Serbi Ramadhan


Serba serbi Ramadhan terdiri dari rukun puasa, syarat wajib , syarat syah , yang membatalkan puasa dll

Rukun Puasa:

1. Niat , Niat merupakan pernyataan dan tekad di dalam hati untuk melakukan sesuatu, ketika hendak berpuasa ramadhan, maka niat itu sudah harus tertanam di dalm hati sebelum waktu subuh. : “Barangsiapa yang tidak membulatkan niatnya buat berpuasa sebelum fajar, maka tikda sah puasanya” (HR Ahmad)

2. Menahan diri dari yang membatalkan puasa. Orang yang berpuasa harus menahan diri dari yang membatalkan puasa sejak terbit fajar hingga terbenam matahari, selepas waktu tersebut di boleh kan berbuka makan, minum dll.

Syarat Wajib

1. Baligh , Muslim yang di wajibkan berpuasa adalah yang sudah baligh, anak kecil hanya di latih agar ia mampu berpasa kelak. ” Tiga orang terlepas dari hukum yaitu: orang yang tertidur sehingga dia bangun, orang gila samapi dia sembuh dana anak-anak sampai ia baligh (HR. Abud Daud dan nasai)

2. Berakal , Orang gila tidak di wajibkan untuk berpuasa sebagaimana hadist di atas

3. Mampu, orang yang tikda mampu berpuasa tidak di wajibkan berpuasa seperti sakit, tua atau dalam perjalanan, Namun ia harus membayar puasa di waktu lain. liaht surat (QS:2-184-185)

Syarat syah

1. Islam

2. Mumayyiz (dapat membedakan antara yang baik dan yang buruk)

3. Suci dari haid dan nifas (keduanya harus mengqodho puasa nya di waktu lain) “Kami disuruh mengqodho puasa dan tidak di suruh mengqodho shalat (HR. Muslim)

4. Dalam waktu yang di tentukan 1 Ramadhan – 29 Ramadhan

 

Yang Membatalkan Puasa

1. Makan dan minum dengan sengaja, Jika terlupa tidak membatalkan puasa “Barangsiapa lupa bahwa ia puasa, kemudia ia makan atau minum, maka hendaknya disempurnakan puasanya. Sesungguhnya Allah yang memberinya makan dan minum (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Muntah dengan di sengaja

3. Bersetubuh, Mengakukan hubungan sex suami – istri di siang hari dalam durasi waktu puasa. sangsi nya sangat berat, harus berpuasa 2 bulan berturut-turut atau memberi makan 60 orang miskin.

4. Kaluar darat haid dan nifas

5. Gila

6. Keluar Sperma (mani) dengan sebab di sengaja.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s