Panduan Ibadah Puasa


Marhaban Ya Ramadhan letupan kegembiraan hati bagi orang yang mengerti akan kandungan Syaum Ramadhan didalamnya.

Pengertian

Secara harfiah, puasa artinya menahan, yakni menahan diri dari segala yang hal yang dapat membatalkannya, dimulai dari terbit fajar (subuh) hingga terbenam matahari (Magrib). dapat juga di artikan membakar dan mengasah. Maksudnya membakar dosa-dosa yang telah lalu dan mengasah jiwa hingga tunduk pada ketetapan Allah ta’ala.

Tujuan

Harapan nya untuk memantapkan keimanan kepada Allah ta’ala berujung pada ketaqwaan. QS:2-183

  1. Memperkokoh kedekatan pada Al-quran sebagai way of life, dengan usaha membaca nya, mentadaburi ayat-ayat nya dan mengamalkan nya dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Memperkokoh Hubungan dengan sang pencipta ALLAH SWT, sehingga apabila terlah tercipta hubungan yang dekat, seorang muslim akan senantiasa merasa di naungi hidupnya, Allah senantianya mendengar apa-apa yang ada di hatinya dan menjawab apa-apa yang di inginkanya.  apabila sudah terciptanya kedekatan pada Allah ta’ala tersebut akan terasa engan untuk berbuat maksiat durhaka pada Nya.
  3. Memperkokoh hubungan sesama, pada saat inilah nilai-nilai luhur manusia di tuntut untuk saling berbagi. Memberi makan makan orang yang berbuka puasa, memberi baju lebaran untuk menggembirakan hati anak-anak yatim duafa yang kurang beruntung. Sehingga tumbuh sifat berbagi pada jiwa kaum muslimin. Terhindar dari bahaya rakus harta, rakus kekuasaan, rakus merampas hak orang lain. Adalah hal percuma bersodaqoh dari uang Haram akan tertolak.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s